Tugas Account Payable Staff

By:
Categories: Pendidikan
No Comments

Tugas Account Payable Staff

Tugas Account Payable Staff

Dalam pekerjaannya seorang Account Payable Staff atau Account Payable Officer memiliki tugas untuk ;

1. Melakukan kordinasi dengan bagian bagian yang terkait dengan Supply Chain (Warehouse, Produksi, Purchasing, Sales dan vendor)

Di dalam bagan perusahaan, setiap proses pembelian selalu melibatkan banyak pihak dari mulai bagian purchasing, Maketing dan Sales, serta bagian Storing (Gudang), siklus ini biasa disebut Supply Chain alias Rantai Suplai. Seorang admin Account Payable sudah seharusnya benar benar memahami siklus rantai suplai ini, hal ini dikarenakan bagian Account Receivable merupakan posisi vital yang harus memastikan keberadaan barang sebelum melakukan pembayaran. Kordinasi dengan bagian bagian yang terikat dengan supply chain tentunya akan membuat kinerja seorang Account Payable lebih mudah dan lebih cepat.

2. Melakukan Analisa terhadap kegiatan pembelian (Purchase atau Purchasing)

Tidak semua orang seelalu benar, agar lebih terlihat kredibel dalam bekerja, seorang Staff Account Payable tentunya harus melakukan pengecekan ulang terhadap dokumen dokumen pembelian yang ada di bagian purchasing. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi kesalahan kedepannya. Purchase Order (PO) yang telah disahkan oleh manajer pembelian harus dicek ulang karena terkadang metode pembayaran dari suatu produk yang dipesan oleh perusahaan juga berbeda beda.

3. Melakukan Pencatatan terhadap kegiatan pembelian tersebut

Segala sesuatu yang berkaitan dengan proses pembelian dan harus dibayar, maka hal itu harus masuk ke dalam catatan besar seorang Staff Account Payable. Hal ini dimaksudkan, jika kedepannya terjadi kekeliruan, maka keputusan akan dilihat berdasarkan fakta yang ada

4. Melakukan Pembayaran terhadap Pembelian yang sudah absah sesuai perjanjian.

Jika semua tahap diatas telah terlewati, tugas pamungkas dari seorang Account Payable Staff adalah melakukan pembayaran. Sebagai catatan, ada tig abentuk pembayaran yaitu :

  1. Pembayaran CAD (Cash After Delivery), Pembayaran jenis ini memiliki artian, perusahaan (Account Payable) membayar jika barang sudah diterima oleh perusahaan.
  2. Pembayaran CBD (Cash Before Delivery), Pembayaran jenis ini memiliki artian, perusahaan (Account Payable) membayar sebelum barang diterima oleh perusahaan.
  3. Pembayaran 2 Tahap, Down Payment (DP) dan pelunasan, Untuk jenis pembayaran yang ini perusahaan memberikan Down Payment sebagai tanda jadi pada saat barang yang dibeli belum selesai dan dilunasi pada saat barang yang dipesan sudah diterima oleh perusahaan.

5. Membuat laporan dan Neraca pembelian

Setiap mingguan atau bulanan, seorang Account Payable Staff akan membuat laporan yang akan ia pertanggungjawabkan terhadap supervisor AR atau Manager AR.


Sumber:

https://www.kuliahbahasainggris.com/