Stress dan Koping Keluarga adalah

By:
Categories: Pendidikan
No Comments

Stress dan Koping Keluarga adalah

Stress dan Koping Keluarga adalah

  1. Stessor jangka pendek

Perubahan dalam kesehatan anggota keluarga, yaitu ketika An R maupun An A yang tiba-tiba menderita sakit. Ketika An R yang sudah beberapa kali muntah melaluiĀ  kondisi yang bebeda-beda, sehingga membuat ibu SĀ  bingung dan cemas. Selain itu An A yang juga sakit flu saat pengkajian sudah 3 hari, yang sebelumnya An A juga sakit flu seperti ini. Stess lain yang juga mempengaruhi yakni takut bila ada gempa . Ini karena anaknya yang masih kecil-kecil

  1. Stressor jangka panjang

Ibu S cukup khawatir dengan tingkah An R yang sangat hiperaktiv , apalagi kalau An R sampai mengganggu ketika ada tamu yang datang ke rumah dengan mengajak dan memaksa untuk bermain bersamanya. Ibu S juga khawatir melihat An R yang sering marah dan merasa tersaingi ketika ibu S lebih banyak bersama An A.

  1. Kemampuan keluarga berespon

Terhadap stress jangka pendek, yaitu ketika An.R maupun An.A sakit, keluarga akan membawa ke pusat pelayanan kesehatan terdekat seperti puskesmas, rumah sakit,maupun ke tempet praktek dokter. Sedangkan untuk sterss gempa, seperti gempa yang menimpa sumatera barat pada tahun 2004 kamaren, keluarga Bpk.V pergi mengungsi ke RS.M.Djamil.

  1. Strategi koping yang digunakan

Bila mendapat masalah, Bpk V dan Ibu S bersama-sama membicarakan dan mencari penyelesaiannya.Ibu S dan Bpk.V tidaka berlarut0larut dalam menghadapi permasalahan dan sering kali berinisiatif dengan kesadaran sendiri untuk mengakhiri permasalahan.

  1. Strategi adpatasi disfungsional

Kadangkala, jika Ibu.S mempunyai keiginan yang menurut dia baik, tetapi tidak disetujui Bpk.V, Ibu.S akan tetap melakukan keinginannya tersebut tanpa sepengetahuan Bpk.V.Tapi Kemudian Ibu.S berterus terang kepada Bpk.V.


Sumber:

https://www.sekolahbahasainggris.co.id/