Siswa Dukung Pendidikan Antikorupsi

By:
Categories: Pendidikan
No Comments

Siswa Dukung Pendidikan Antikorupsi

Siswa Dukung Pendidikan Antikorupsi

Dia mengatakan pihaknya sudah bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi

(KPK) dalam penyusunan berbagai modul Antikorupsi. Pendidikan Antikorupsi tersebut akan satu paket dengan program penguatan karakter (PPK).

“Karena ada lima karakter utama dalam PPK itu yakni religius, nasionalis, gotong royong, mandiri dan integritas. Salah satu pintu masuk dalam pendidikan Antikorupsi ini melalui integritas,” jelas dia lagi.

Pendidikan tersebut akan diberikan sejak dini, yakni sejak duduk di bangku sekolah dasar.

Sebelumnya, Kemendikbud meluncurkan program Saya Anak Antikorupsi (SAAK).Tujuan dari program SAAK adalah menciptakan generasi muda cerdas, berintergritas, dan berkarakter.

Adapun misinya adalah untuk memperkuat ketakwaan generasi muda serta kecintaan terhadap Tanah Air, menanamkan nilai Antikorupsi kepada generasi muda dengan menekankan pada kesederhanaan, kegigihan, keberanian, kerja sama, kedisiplinan, keadilan, kejujuran, bertanggung jawab, dan kepedulian. Selain itu, bertujuan untuk menumbuhkembangkan kebiasaan baik sebagai bentuk pendidikan karakter.

Sementara itu, siswi kelas VIII SMPN 3 Cikarang Utara Amanda Fitri Ramadhani

kepada Radar Bekasi mengaku mendukung rencana tersebut. Dengan pendidikan antri korupsi, bisa membentengi siswa untuk tidak berbuat korupsi ketika dewasa nanti.

“Saya sangat mendukung sekali terkait kebijakan pendidikan Antikorupsi tersebut yang akan di masukan ke dalam kurikulum sekolah dari mulai tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama juga Sekolah Menengah Atas. karena bagaimanapun kami bagian dari generasi penerus bangsa yang harus diberikan pembelajaran agar jikalau suatu saat nanti diberi kepercayaan untuk menjadi wakil rakyat terhindar dari perbuatan korupsi,” tungkasnya.

Menurutnya, pendidikan Antikorupsi dinilai dapat mengantarkan pada wawasan yang mendalam mengenai korupsi juga bisa langsung diimplementasikan sejak duduk di bangku sekolah.

“Pendidikan Antikorupsi ini saya rasa akan membuat kami selaku pelajar lebih paham secara mendalam mengenai korupsi itu. Dan saya kira buah dari pendidikan Antikorupsi yang akan diselenggarakan di tingkatan sekolah ini bisa langsung diterapkan nilai-nilainya pada aktifitas sehari-hari saat disekolah seperti berlaku jujur dan bertanggung jawab,” tegasnya.

 

 

Sumber :

https://ruangseni.com/