Pengertian Ideologi & Arti Penting Ideologi Bagi Bangsa

By:
Categories: Pendidikan
No Comments

Pengertian Ideologi & Arti Penting Ideologi Bagi Bangsa

Pengertian Ideologi

Ideologi

Setiap bangsa haruslah memiliki ideologi yang kuat guna menangkal arus deras pergolakan hidup bangsanya. Begitu pula dengan Indonesia yang memiliki Pancasila sebagai ideologi bangsa. Dalam ideologi suatu bangsa terkandung konsep dasar tentang kehidupan yang dicita-citakannya serta mempermudah bangsa tersebut untuk dapat membangun dirinya.

Pengertian Ideologi

Pengertian Ideologi, Apa itu Ideologi, Definisi Ideologi, Arti Penting Ideologi, Pancasila.

Jadi, arti penting ideologi bagi suatu bangsa adalah sebagai berikut:

Memberikan arah yang mantap dalam berkelompok dan menggerakannya menuju tujuan masyarakatnya.
Untuk membentuk identitas kelompok atau bangsa dan mempersatukannya dalam satu kesatuan yang utuh.
Untuk mengatasi berbagai konflik dan ketegangan sosial yang terjadi serta menjadikannya sebagai kehidupan yang penuh solidaritas dan kebersamaan. Untuk mempersatukan berbagai keanekaragaman yang ada dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ideologi negara

Ideologi negara merupakan cita-cita negara atau harapan dan keinginan dasar bagi suatu sistem kenegaraan untuk seluruh rakyat Indonesia. Hal ini pada hakikatnya juga merupakan asas kerohanian bangsa, artinya bahwa Pancasila memiliki derajat tertinggi sebagai nilai hidup kebangsaan dan kenegaraan yang dapat mewujudkan pandangan dunia, pedoman hidup yang dipelihara, dikembangkan, diamalkan, dilestarikan kepada generasi yang akan datang.

“Ideologi disebut sebagai Philosofische Grondslag atau Weltanschaauung, yaitu konsensus warga negara tentang nilai-nilai dasar yang ingin dicapai dalam pembentukan satu negara.”

Pancasila sebagai suatu ideologi

Pancasila sebagai suatu ideologi tidaklah bersifat kaku dan berpandangan sempit. Akan tetapi, sebaliknya Pancasila bersifat terbuka artinya ideologi Pancasila memiliki nilai-nilai dasar yang aktual, dinamis, dan senantiasa dapat dikembangkan atau menerima pemikiran-pemikiran baru. Hal ini sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman dan kebutuhan bangsa serta negara. Walaupun demikian, nilai-nilai dasar Pancasila tidak dapat diubah atau diganti oleh nilai dasar lain karena sudah menjadi identitas atau jati diri bangsa Indonesia (Pancasila merupakan ideologi tertutup).

Jadi, ideologi negara ialah suatu cita-cita yang meliputi nilai-nilai dasar dan menjadi pedoman bagi kehidupan bernegara. Pancasila sebagai ideologi negara haruslah dilandasi langkah awal pelaksanaanya, dibatasi geraknya dan selalu terarah dalam pencapaian tujuan dengan Pancasila.

Sumber : https://www.ilmubahasainggris.com/