Kucing Mainecoon Ras Kucing Raksasa yang Anggun

By:
Categories: Hewan
No Comments

Kucing Mainecoon Ras Kucing Raksasa yang Anggun

Kucing Mainecoon Ras Kucing Raksasa yang Anggun

Melihat Kucing maine coon wajahnya sekilas seperti Singa jantan, Kucing Mainecoon merupakan kucing ras terbesar, ukurannya umumnya 2 kali dari kucing ras lain pada umur yang sama, kucing mainecoon akan berkembang terus sampai berumur 5 tahun.

Di Indonesia popularitas kucing Maine coon meningkat tajam sejak kami perkenalkan di tahun 2007, Peminatnya menyebar keseluruh Indonesia,  Cattery Brightlunar /Chandra Cattery adalah cattery pertama di Indonesia yang menternakan kucing Ras Mainecoon ini. Dan saat ini  sudah ada sekitar 10 breeder lebih yang menternakan kucing ini. Karena Penampilannya yang jantan, Besar dan aktif,  Peminat Kucing ras ini umumnya laki-laki .

Di CFA show kucing ini termasuk Long hair cat, Bila anda menonton CFA show di Indonesia, hampir separuh kucing yang ikut bertanding adalah ras ini.

Kucing ras ini adalah kucing ras asli Amerika, Pada awalnya kucing ini banyak dipelihara di Pertanian untuk menjaga gudang gandum petani di sana dari gangguan hama tikus, Sifat aktif dari kucing ini dalam menangkap gerakan tetap bertahan sampai dewasa, bila anda ingin mempunyai kucing yang besar , dan aktif kucing ini merupakan salah satu pilihan untuk hewan peliharaan anda.

Standart Show CFA untuk Ras Kucing Maine Coon

Aslinya kucing ini adalah kucing Pekerja, Berbadan besar dan tahan terhadap perubahan Cuaca, Yang paling membedakan bulunya tebal dan halus, serta buntutnya yang panjang akan melambai-lambai bila berjalan. Proporsi tubuh dan keseimbangan dari semuanya menjadi nilai utama untuk kucing ini. Kwalitas bukan ditentukan dari ukuran, walaupun ukuran kucing yang besar tentunya lebih di sukai.
Kepala     Total Point         30
         – Bentuk                   15
         – Kuping                   10
         –  Mata                       5
Badan       Total Point       30
         – Bentuk                  15
         – Leher                      5
         – Kaki                       5
         – Buntut                     5
Coat/Rambut  Total point  20
Warna           Total point   15
  – warna rambut               10
  – Warna mata                  5
Keseimbangan Total point  5

Bentuk Kepala (15 Point)

Berukuran sedang, Panjang sedikit lebih dibandingkan lebar muka, dan berbentuk kotak pada moncongnya, Di izinkan Bisa lebih besar untuk jantan dewasa, tulang pipi tinggi.
Moncong /Dagu  terlihat kotak dan berbentuk tumpul, tidak boleh lancip, panjangnya sedang, Panjang dan lebar Dagu harus seimbang dengan bentuk kepala. Dan menampilkan tampak yang seimbang dan menyenangkan..

Leher (5 Point)

berukuran sedang dan Panjang

Kuping ( 10 Point)

Berbentuk besar dan lebar dengan ujung yang tajam kesatu titik, serta terletak baik.
Mata (5 Point)
Besar . berekpresi, sedikit lonjong mengarah pada kuping.
Bentuk Badan (15 Point)
Berotot, berdada lebar, sedang sampai besar, Betina umumnya lebih kecil dari Jantan, Badan harus panjang tetapi  harus sesuai dengan proporsinya, dan menampakan kegagahan, tentunya di sesuaikan dengan umur kucing.
Kaki.(5 Point)
Berukuran medium sesuai dengan bentuk badan, keempat kaki harus lurus, bila dilihat dari belakang kaki belakang sejajar dengan kaki depan, jari kakinya besar, 5 jari di kaki depan dan 4 Jari di kaki belakang.
Buntut (5 Point)
Panjang dan besar di pangkal, rambutnya panjang dan melambai.
Rambut (20 point)
Padat dan tebal ; Lebih pendek pada bagian atas badan dan lebih panjang pada bagian bawah perut. adanya bulu sekitar leher lebih di sukai. Teksturnya halus seperti sutera.
Warna Rambut (10 Point)
Untuk warna solid harus kontras , sedangkan untuk Pola tabby harus jelas polanya.
Warna Mata (5 Point)
Harus cemerlang dan ber expresi
Keseimbangan (5 Poin)
Secara keseluruhan penampilannya terlihat proporsional.
Hukuman : untuk kucing yang rambutnya pendek disemua bagian
Diskwalifikasi :
struktur tulang bermasalah,  rahang bawah terlalu maju, mata juling, buntut bengkok, jumlah jari kaki tidak standart, warna rambut yang  merupakan hasil hibridisasi seperti Lavender, coklat atau warna color point atau dari abysinian seperti ticked tabby.
Harga kucing maine coon di Indonesia.
Show/ Breed quality: berkisar antara Rp 10 – 20 juta tergantung pada kwalitas kucing, garis darah atau orang tuanya atau gelar Parentnya, dan reputasi Peternaknya, makin terkenal breder nya makin mahal.
Pet quality : umumnya dibawah 10 jt, umumnya kwalitas pet jarang ada karena kucing mainecoon adalah ras asli bukan hasil campuran ras sepert ras Persia yang bervariasi kwalitasnya.