IFAC merupakan

By:
Categories: Pendidikan
No Comments

 IFAC merupakan

IFAC merupakan

IFAC merupakan

organisasi tingkat dunia yang memiliki 159 organisasi anggota di 118 negara, yang mewakili lebih dari 2,5 juta orang akuntan. Didirikan pada tahun 1977, misi IFAC adalah “untuk mendukung perkembangan profesi akuntansi dengan harmonisasi standar sehingga akuntan dapat memberikan jasa berkualitas tinggi secara konsisten demi kepentingan umum”

Majelis IFAC yang bertemu 2,5 tahun, memiliki seorang perwakilan dari setiap organisasi anggota IFAC. Majelis ini memiliki suatu dewan, yang terdiri dari para individu yang berasal dari 18 negara yang dipilih untuk masa 2,5 tahun. Dewan ini, yang bertemu setiap 2x setahunnya, menetapkan kebijakan IFAC dan mengawasi operasinya.

IFAC (International Federation of Accountants) sendiri telah menetapkan beberapa standar diantaranya :

  • International Public Sector Accounting Standards Board (IPSASB) Mengatur Standar Akuntansi Sektor Publik Internasional (IPSAS) untuk digunakan oleh sektor public.
  • International Auditing dan Jaminan Standar Board (IAASB) Mengatur Standar Internasional tentang Audit, Jaminan dan Layanan terkait Pertunangan
  • International Accounting Standards Board Pendidikan (IAESB) Mengembangkan Standar Pendidikan Internasional
  • International Etika Dewan Standar untuk Akuntan (IESBA) Mengembangkan Kode internasional Etik Akuntan Profesional
  • Bunga Badan Pengawasan Umum (PIOB) Mengawasi kegiatan penetapan standar IFAC itu, Terutama dengan Menghormati audit, assurance, etika, dan kemandirian. The PIOB Juga Mengawasi kegiatan kepatuhan IFAC itu, juga IFAC mendukung IASB  ( The International Accounting Standards Board) dengan menghormati menetapkan standar akuntansi.

IASB

Badan Standar Akuntansi Internasioanl (IASB), merupakan badan pembuat standar sektor swasta yang independen yang didirikan pada tahun 1973 oleh organisasi akuntansi profesional di sembilan negara dan direstrukturasi pada tahun 2001. IASB mewakili organisasi akuntansi dari sekitar 100 negara. Dengan sedemikian luasnya dasar dukungan ini, IASB merupakan kekuatan pendorong dalam penentuan standar akuntansi. Standar IASB sangat kompatibel dengan standar akuntansi yang berlaku di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan negara-negara lain yang menggunakan akuntansi Anglo Saxon.

 

Standar Pelaporan Keuangan Internasional

saat ini telah diterima secara luas di seluruh dunia. Sebagai contoh, standar-standar itu (1) digunakan oleh banyak negara sebagai dasar ketentuan akuntansi nasional; (2) digunakan sebagai acuan internasional di kebanyakan negara-negara industri utama dan negara-negara pasar berkembang yang membuat standarnya sendiri; (3) diterima oleh banyak bursa efek dan badan regulator yang memperbolehkan perusahaan asing atau domestik untuk menyampaikan laporan keuangan yang disusun menurut IFRS; dan (4) diakui oleh Komisi Eropa dan badan supranasional lainnya.

 

IASB memiliki 15 anggota Dewan masing-masing dengan satu suara

Mereka dipilih sebagai sekelompok ahli dengan pengalaman standar penetapan, penyusunan dan menggunakan account, dan karya akademis. Pada januari 2009, Pembina Yayasan menyimpulkan bagian pertama dari konstitusi Riview ke dua, mengumumkan pembentukan Dewan Pengawas dan perluasan IASB untuk 16 anggota dan memberi pertimbangan yang lebih dengan komposisi geografis IASB.

Sumber : https://duniapendidikan.co.id/