Fungsi Keluarga adalah

By:
Categories: Pendidikan
No Comments

Fungsi Keluarga adalah

Fungsi Keluarga adalah

  1. Fungsi afektif

Ibu.S mengatakan sangat bahagia dengan perkawinannya.Jarang sekali ada pertengkaran yang berkepanjangan karena mereka mampu mengatasinya dengan segera. Bpk.V dan Ibu.S satu sama lain bersikap saling mengisi kekurangan masing-masing, saling menghargai, dan saling membutuhkan satu sama lain.Apalagi sekarang telah dikaruniai dua orang anak.

Tidak ada masalah dalam pemenuhan kebutuhan pangan maupun sandang keluarga.Ibu.S mengatakan gaji suaminya sudah lebih dari cukup dalam pemenuhan kebutuhan keluarga. Ibu.S tidak ada menuntut lebih dari suami.Ibu.S ingin lebih memperhatikan dan merawat kedua ankanya yang masih kecil-kecil.Ketika Bpk.V sedang tidak bekerja, Bpk.V gantian menjaga An.R maupun An.A agar tidak mengganggu kegiatan rumah tangga Ibu.S

  1. Fungsi sosialisasi

Untuk membesarkan dan mendidik anak-anaknya dilakukan berdua.Waktu luang dimanfaatkan keluarga untuk mempererat hubungan dan mencurahkan kasih sayang pada ank-anaknya.Ibu.S lebih banyak bersama anak-anaknya daripada Bpk.V, namun tidak ada masalah dalam hal ini, karena keluarga mengerti dengan pekerjaan Bpk.V.Ibu.S selalu mengawasi anak-anaknya bermain.An.R biasanya bermain dengan sepupu yang sebaya dengannya ataupun dengan anak kos. An.R jarang bermain dengan teman-teman sekitar yang sebaya dengannya.Karena Ibu S takut An.A terbawa pengaruh buruk dari teman-temannya. Ibu.S lebih senang jika teman-teman An.S datang dan bermain kerumahnya.Namun An.R biasanya bermain dengan saudara sepupu yang sebaya dengannya.

  1. fungsi ekonomi

Ibu.S mengatakan bahwa kebutuhan primer seperti pangan, sandang, papan sudah terpenuhi dengan baik.Begitu juga kebutuhan  sekunder  juga sudah cukup terpenuhi.Ini terlihat dari fasilitas rumah yang dimiliki seperti adanya kipas angin, TV,VCD, kulkas, rice cooker dan telepon. Kalau sakit terutama Bpk.V maupun Ibu.S,biasanya sebelum pergi ke pusat pelayanan kesehatan, mereka menggunakan pengobatan tradisional dulu, tapi kalau sudah agak parah baru dibawa ke pusat pelayanan kesehatan.

  1. fungsi reproduksi

Keluarga Bpk.V memiliki 2 orang anak.Ada rencana untuk menambah anak, tapi nanti setelah umur An.A sudah agak besar.Baik Bpk maupun Ibu.S tidak mempermasalahkan jenis kelamin anaknya, yang jelas mensyukuri saja yang diberikan Tuhan. Jarak antara An.R dengan An.A adalah hampir 4 tahun.Keluarga Bpk.V selama ini menggunakan cara KB sistem cabut untuk mencegah kehamilan. Ini adalah cara alami tanpa menggunakan obat ataupun alat kontrasepsi. Ibu.S mengatakan bahwa menstruasinya tidak teratur sejak usianya masih gadis. Terkadang dia menstruasi sekali dalam 2 bulan dan bahkan ada yang sekali dalam 3 bulan.

  1. fungsi perawatan kesehatan

Ibu S mengatakan bahwa sakit adalah tanda dan gejala yang tidak biasa nya dan anaknya tidak bisa lagi bermain-main. Sedangkan sakit bagi keluarga bpk V bila anggota keluarga mampu beraktivitas dan bermain-main.

 Masalah kesehatan dalam keluarga bpkV jarang mengalami penyakit yang berat,biasanya hanya sakit ringan.

  • Bpk V biasanya mengeluh kalau dia merasa capek, lelah, letih,lesu. Ini karena kesibukan bpk V sendiri. Sebenarnya dia juga tidak menginginkan kerja yang terlalu sibuk, namun karena tuntutan profesi,maka harus dijalaninya. Biasanya rasa capeknya hilang setelah An. R  menginjak-injak tubuh bpk V. Bpk V dalam enam bulan terakhir tidak mengalami penyakit yang serius. Hanya menderita flu disertai demam pada saat Hari Raya Idul Fitri th 2006.Bpk V mengatasinya hanya dengan banyak minum air putih kadang juga minum madu + telur dan biasanya flu cepat hilang. Kalau tidak,beliau minum parasetamol,pernah juga procold.tapi kalau makn procol dengan jarak lima jam bpk V menjadi sakit kepala. Sejak itu dia biarkan sakit kepalanya dan menghentikan minum obat luar. Bpk V mengatakan dulu sejak SD menderita pembengkakan kelenjar. Lalu dia memeriksakan ke puskesmas tapi hanya diberi suntikan saja,dan bpk V merasa tidak jauh lebih baik. Lalu dia konsultasikan ke dokter bedah , menurut dokter tsb bpk V dianjurkan segera dioperasi. Bpk V tidak menuruti perintah dokter  juga sering sakit kepala namun mencari pengobatan alternatif yaitu dengan meminum air rebusan tanaman Binalu Limau Kapas. Setelah meminum rutin dua kali sehari, pembengkakan kelenjar itu menjadi hilang. Bpk V juga pernah menderita Tifus th 1997,menurutnya karena ia saat itu terlalu banyak ikut kegiatan organisasi. Bpk V mengatakan bahwa dia tetap makan teratur namun memang keadaan lingk kostnya yang tidak bersih yakni di blkg kampus UNP. Bpk V memeriksakan ke bidan dan setelah di tes serologi kadar ……. >300. bpk V mengatakan bahwa BABnya lancar yaitu dua kali sehari,kadang2 juga konstipasi. Namun, menurutnya itu karena tergantung dari makanan.
  • Ibu S tidak pernah menderita penyakit serius. Hanya penyakit karena perubahan cuaca seperti flu. Biasanya ibu S meminum obat tradisional spt………, air kacang. Untuk mengatasi demam ibu S minum air bunga raya . ibu S pernah di diagnosa penyakit asam urat ketika mengikuti check up gratis dekat rumahnyalalu dia memeriksakan ke dokter karena menurut ibu S itu tidak benar. Karena gejala yang ditanyakan hanya sakit2 sendi biasa yang menurut ibu S itu karena kelelahan bekerja.
  •   An R pernah mencret selama tiga hari ketika berusia  1 th 2 bln dan bisul di kepala. Ibu S membawa An R ke dokter psesialis anak yang biasa mereka kunjungi. Doter memberi An R obat Amoxixillin,namun setelah itu gigi depan atas 4 buah An R menjadi karies. Satu bulan sebelum puasa Ramadhan th 2006 An R juga pernah muntah karena kebanyakan makan mie sedap. An R juga pernah muntah ketika bermain sama bpk V. Orangtuanya membawa An R ke RS. Yos Sudarso karena penanganannya lebih cepat.
  •   An A yang baru berusia 8 bln belum pernah mengalami pemyakit serius. Hanya menderita flu biasa sudah 3 x yakni ketika umur 4 bln, awal oktober 2006 dan 6 januari 2007 . Ibu S membawa ke puskesmas dan diberi obat batuk + obat demam anak.

Sumber:

https://www.dosenpendidikan.co.id/