DISDIK SALURKAN DANA BOS APBN 2017

By:
Categories: Pendidikan
No Comments

DISDIK SALURKAN DANA BOS APBN 2017

DISDIK SALURKAN DANA BOS APBN 2017

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor telah menyalurkan puluhan miliar rupiah dana Bantuan Ope­rasional Sekolah

(BOS) dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2017 kepada ratusan SD dan SMP.

”Alhamdulillah dana BOS APBN 2017 terserap semua walaupun penyaluran dana sempat mengalami keterlambatan pencairan pada triwulan ke empat,” ujar Kepala Dinas Pendikan Kota Bogor Fah­rudin.

Menurut dia, hal ini terjadi lantaran adanya peraturan baru dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tentang per­tanggungjawaban dan mekanisme peng­anggaran dana BOS.

Sementara itu, Tim Manajer Pengelo­laan Dana BOS APBN Kota Bogor Teddy Kusnadi mengungkapkan,

keterlambatan pencairan dana BOS triwulan empat itu tidak menjadi masalah. Terlebih, Disdik Kota Bogor telah bekerja sama dengan Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bogor untuk terus mela­kukan sosialisasi dan membimbing ke­pala sekolah penerima BOS.

“Pembinaan ini kami harapkan agar setiap sekolah mampu menyusun Rencana Ke­giatan Anggaran Sekolah (RKAS) yang baik dan benar. Sehingga, pada pertengahan Desember kemarin, dananya sudah dapat diterima oleh sekolah,” kata Teddy.

Ia mengakui, pencairan dana BOS tidak semudah apa yang dibayangkan.

Apalagi dengan adanya perubahan aturan terse­but. Untuk itu, dalam melakukan pencai­ran dana BOS APBN, khususnya triwulan ke-4 Disdik sangat berhati-hati.

”Kalau tahun lalu, pencairan dana BOS APBN tingkat SD/SMP khususnya sekolah negeri, masih menggunakan sistem be­lanja hibah atau tidak langsung. Namun tahun ini, terjadi perubahan aturan, di­mana sekolah harus mengunakan sistem belanja langsung,” bebernya.

Pembuatan RKAS ini, sambung Teddy, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sekolah harus menyusun RKAS berdasarkan petunjuk teknis (juknis) dan melihat kebutuhan sekolah. Setelah itu, RKAS sekolah di-input lagi oleh Disdik bersama dengan BPKAD.

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/SNGTHPJ